Featured Slider

sepuluh taun bebarengan



Kenal dengan dia memang sudah lama kami saling mengenal satu sama lain ketika saya masih berusia 16 tahun


Waktu itu akibat salah paham dengan teman SMP yang mengira kalau keponakan saya iseng telpon nyasar ke teman SMP saya


Memang lucu kalau di ingat kembali moment saya ngamuk sama dia gara-gara dia mengaku keponakan saya


Ehh Karna salah paham dan dia coba melakukan itu karena mencari jodoh! Malah beneran jodoh sama saya 


Dia ini siapa? Pasti pembaca bertanya-tanya, dia ini adalah mantan kekasih saya yang saat ini dia itu sudah menjadi imam saya alias suami


Memang pertemuan kami ini lucu dan mungkin dibilang orang-orang hanya pelampiasan atau cinta monyet ya 


Karena waktu itu saya masih abege dan dia juga baru berusia 18 tahun tapi saat itu dia sudah bekerja dan menjadi tulang punggung keluarganya


September 2009 pertemuan kami



Berlangsung di daerah Ciputat Tangerang Selatan waktu itu pas banget hari raya idul Fitri 


Karena saya orangnya tipe yang agak suudzhon mungkin sama orang jadi dia ngajak saya kerumahnya ketemu sama keluarganya


Tapi saya menolak dengan alasan belum siap kalau ketemu orangtua dan saudaranya takut engga diterima atau dibully atau diapa-apainlah! Segitunya pemikiran saya waktu itu 


Langsung deh dia ajak saya ke ragunan, wisata pertama sama anak orang hehehe masih status pacaran ya, dulu abege saya bandel banget dibilang orangtua ga boleh pacaran 


Malah saya nekat pacaran diem-diem aduh durhaka nih saya! Abis gimana ya namanya abege ketemu lelaki yang kasih perhatian dan chat chat manis bikin klepek-klepek auto terbang dong!


Memang pacaran itu menggoda ya hahaha lucu sih kalau ingat zaman abege beneran ngerasain yang namanya dimabuk asmara tapi sekarang malah biasa saja tuh!


Bertahan atau Tidak



Nah lho ada apakah kok bau bau aroma engga sedap nih, memangnya ada apa? Jadi gini saya itu dengan dia menikah sudah berjalan bulan Januari 2022 ini akan genap berusia 10 tahun


Woww angka yang lumayan besar ya atau bahkan cukup lama berarti ini sudah dititik rumah tangga apakah kami? ( kalau ada yang tahu boleh komen ya ) 


Pastinya kami sudah saling mengenal bahkan mengetahui masing-masing kelemahan dan kelebihan pasangan, dari sisi keluarga besar juga cukup paham 


10 years together




Gimana apakah pembaca ada yang pernikahannya sudah di usia sama dengan saya? Bagaimana keadaannya disini saya mau berbagi cerita sudah di titik jenuh pemicunya dia yang selalu marah acap kali perintah yang dia suruh engga saya laksanakan dengan cepat!


Orangtua utama Ibu mertua yang selalu ikut campur setiap kami ada masalah, contohnya saat dia sedang sakit bahkan anak-anak kami sakit selalu saya yang disalahkan, saya ga becus urus keluarga, saya yang terlalu boros, saya yang engga bisa menjaga mereka semua. Bahkan semuanya buruk Dimata orangtua dia


Ditambah lagi ibu mertua yang cerita ke saudaranya dikampung bahwasannya saya itu boros, saya pergi, aduh ngenes banget perjalanan rumah tangga saya


Memang awal menikah kami kedua orangtua engga memberi restu dengan alasan karena keluarga saya non muslim, dan bukan asli Jawa 


Maaf ya disini membawa suku bahkan agama karena memang sejatinya kami dipertemukan dengan agama yang berbeda, dan suku yang tak sama!


Tapi apakah karena itu kami engga boleh bersatu? Pada akhirnya Allah mempersatukan kami pasti ada alasan yaitu membuat saya mengenal siapa itu Allah , apa itu Islam dan bagaimana Nabi Muhammad SAW bisa sebegitu dicintainya makhluk paling mulia 


Disini saya bersyukur dengan cara menyakitkan tapi saya terselamatkan insyahallah


Balik kepada perjalanan pernikahan kami yang mungkin bagi saya sudah diambang ujung tombak, saya sendiri merasakan engga fair seperti ini, kenapa saya harus begini?


Tolong apakah pernikahan kami bisa diselamatkan, disini saya berada diposisi ragu untuk melangkah ke tahap selanjutnya yaitu perpisahan


Saya memikirkan masa depan anak-anak, saya engga mau mereka terluka, tapi disisi lain saya menderita , saya terluka, saya engga bisa apa-apa


Ditambah saat ini yang bekerja mencari uang hanya dia seorang, dia itu terlalu meremehkan saya, karena selama ini dia yang menghidupkan saya


Penghasilan saya Dimata dia katanya belum bisa menghidupkan sekeluarga paling cuma jajan jajan anak-anak


Astagfirullah, lulusan saya engga tinggi bahkan ga bisa mencari pekerjaan dengan bermodal tamatan SMP yang ijazahnya saja engga ada!


Sangat sangat mengintimidasi sekali dia dengan kekerasan verbalnya, saya memang tak pernah dapat bogem mentah dari dia, tapi kata-kata kasar dia selalu buat saya terluka!


Memang saya tak pernah cerita masalah ini dengan keluarga saya, yang ada kalau saya cerita nanti mereka malah menyalahkan saya mengapa dahulu mau menikah dengannya


Memang saya harus menerima semua konsekuensinya, bertahan atau tidak?


Saya hanya memanjatkan doa mohon Allah berikan saya petunjuk yang benar dan tak salah agar kami saling sama sama bahagia, agar anak-anak kelak tak kena imbas dari perpisahan kami andai terjadi hal yang tak kami inginkan


Menurut kalian para pembaca saya harus bagaimana? Lanjut bertahan demi anak-anak dan membesarkan mereka meskipun saya sekian kali terluka 

Menginap di Kusumah Syariah hotel Yogyakarta

 

Main ke alun alun Yogyakarta

Indahnya kebersamaan antara keluarga akhir tahun kami mencoba check in di hotel daerah Yogyakarta 


Tepatnya sih di daerah Condongcatur ya agak jauh dari Malioboro, tadinya mau yang dekat sama pasar Beringharjo tapi disana mahal dan engga dapat sarapan


Yaudah coba deh cari pas buka Traveloka ketemu Kusumah Syariah hotel yang harganya saat itu lagi miring banget padahal holiday lho!


Junior Suite Nomor kamar 13 

Tipe Junior Suite


Pas pesan di Traveloka ada tipe kamar Junior Suite yang tersedia sisa 1 yaudah buru-buru saya pesan dan bayar pakai mobile BCA 


Check in tgl 24 Desember dan check out 25 Desember, dapat kasur deluxe 1 dan 1 kasur singel pas banget isi anggota kami kan 4 si Keenan masih tidur sama saya dan bojo


Konfirmasi langsung ke nomor wa nya Kusumah Syariah hotel, apakah bookingan saya udah masuk! Dibalas deh ada dengan nama saya


Pagi berangkat dari Semarang ke Yogyakarta sampai di seturan shuttle Daytrans seturan jam 13:00 mampir dulu ke warung makan karena perut udah keroncongan


Nungguin check in hotel kan masih lama di jam 15:00 wib, terpaksa makan dulu terus mampir ke Indomaret buat beli cemilan dan minuman buat anak-anak..


Bojo udah ga sabar mau istirahat yaudah cuss pesan ojol meluncur deh ke hotelnya, sesampai di hotel nih malah turun hujan rencana padahal sore mau main di Malioboro, gagal deh!


Pelayanan ramah dan dapat welcome drink secang 3 botol 

Teh poci dan secang 


Coba deh ke resepsionis tanya bisa ga check in duluan, kata mas nya tunggu sebentar ya Bu kami periksa kamar udah ready apa belum, ditawarkan suruh duduk aja dulu diruang tunggu sekalian ambil welcome drink secang nya..


Baru duduk sebentar eh mas nya mempersilahkan kita masuk ke kamar, pas banget dapat kamar didekat area parkir hotel jadi ga sampai masuk kedalam karna kita dapat kamar nomor 13 


Check in sangat mudah cuma diminta e-KTP aja, engga ada deposit uang ya untuk nginep disini jadi bener bener nyaman. Dan yg boleh nginep disini itu pasangan suami istri lho atau keluarga.. yang masih pacaran engga boleh!


Semua barang bawaan kita diangkat sama resepsionis nya sampai kedalam kamar, AC udah dingin dan lantai kamar masih basah sepertinya belum lama di bersihkan ini kamar.




Didalam kamar udah ada 3 botol mineral dan 3 gelas bersih, ada handuk bersih 3 juga pas buat kami sekeluarga, kasur lumayan empuk cuma bunyi aja kalau dinaikin hehehe


Wastafel


Tv ada dan semua channel bersih, ada layanan binatu juga lho disini! Cuma sayang kamar mandi air panas nya engga berfungsi jadi kurang sih kata saya mah dengan harga permalam 350ribu udah dapat sarapan 3pax


Engga ada teko air panas kalau mau bikin kopi boleh sih minta air panas di ruang resepsionis tersedia dispenser malah kalau mau beli juga ada disitu dengan harga 5ribu/gelas + Kopi tinggal pilih


Kusumah Syariah hotel nyaman, aman dan bersih


Tersedia telepone dan kursi didalam kamar


Disini itu bagian lobby sebelahnya ada restoran mini gitu kalau mau beli makanan bisa tinggal jalan ga jauh kok harga dan rasa lumayan sih, tersedia kolam renang dibelakang hotel tepatnya bagian dalam dari lobby masuk ke kanan terus kiri nah disitu kolam renangnya nyaman juga buat anak-anak


Disekitar hotel ada apotik, laundry, warung kelontong, ada juga toko toko tinggal jalan aja sih lumayan cuma kalau fasilitas sewa sepeda kayanya engga ada deh atau emang saya ga sempat tanya sama petugasnya


Tempat parkir di Kusumah Syariah hotel


Parkiran free cuci mobil lho 
( CC : Siti M - HRI )


Lahan parkir untuk mobil terbatas sih, engga bisa muat banyak kalau motor ada parkir juga, mungkin kalau lagi ramai kaya holiday saya kemarin itu kebanyakan mobil ada yang sampai parkir diluar hotel tapi tenang ada bapak security kok yang jaga insyahallah aman


Kelengkapan kamar mandi 


Sabun ada 

Shampoo ada

Sikat gigi tidak 

Pasta gigi tidak

Sabun cuci tangan tidak

Namun tersedia handsanitizer dipintu masuk kamar


AC dingin no kendala selama saya menginap hari itu kebetulan pas hari raya natal jadi hotel ramai sekali sampai parkiran penuh tapi ga berisik kok ketika malam Alhamdulillah kami bisa tidur nyenyak


Menu Sarapan di Kusumah Syariah hotel


Makanan Pagi 3pax untuk 3 orang


Dengan harga dibawah gope permalam dapat kamar tipe junior suite bagi saya udah lumayan ya, isi makanan pack gitu bukan prasmanan, ada nasi,ayam,sayur kacang panjang, tahu dan tempe. Dapat minuman hangat teh manis untuk 3 pax. Ya ga ada variasi sereal sih buat anak beda ya sama hotel bintang 4 dan 5 lainnya 


Ala kadarnya sih menu sarapan tapi syukurnya enak rasanya jadi ga kecewa saya hehehe! 


Yang penting mah pelayanan staf nya itu memang jempoll deh, sopan, ramah, senyum sapa dan sebelum kita check out kamar di periksa terlebih dahulu setelah oke baru e-KTP dikembalikan dan kita cuss pulang ke Tangerang Selatan


Kenapa saya memilih menginap di Kusumah Syariah hotel ini karena pertama bukan model diatas gedung gitu kamarnya, ini dilantai bawah dan buka pintu udah area parkir hotel ada pepohonan jadi adem berasa asri gitu


Bojo juga jadi gampang merokok karena ga perlu keluar kamar terus turun naik lift buat cari tempat area smoking, Karna kamar dapat teras jadi bisa merokok diteras itu


Suasana hotel asri jauh dari kebisingan kendaraan karna masuk kedalam perumahan gitu sih 


Kolam renang 


Buat nilai bintang 4 ya saya kasih karena masih ada yang kurang buat kami sekeluarga, yaitu tak ada sikat gigi, air panas tak berfungsi, ukuran kamar engga terlalu besar, sistem kunci pintu masih manual hampir sama dengan rumah kami hihihi! 


Tv masih tabung, interior juga masih lama cuma estetika aja sih khas Jogja


Ada kolam ikan 


Nilai plus nya setiap kamar diantarkan 1 teko teh hangat dengan 2 gelas emm aroma teh nya enak , kalau lihat foto di Traveloka malah ada Snack gitu di dalam kamar kemarin pas saya nginep Snack engga ada 


Saya lupa tanya staf kenapa ga ada atau emang di foto Traveloka hanya buat hiasan aja bukan sebenarnya hehehe padahal ngarep jajanannya buat anak-anak




Next bakal balik nginep atau engga ?


Tergantung sih karena rencana kalau ke Yogyakarta lagi justru saya mau cari hotel yang dekat dengan Malioboro

Akhir tahun 2021 singgah kampung bojo

Pemandangan gunung Merbabu


 Rencana tuk pulang kampung memang diniatkan dari sebelum bulan Desember 2021, karena sepupu bojo kangen dan rindu sama Keenan anak bontot saya! 


Terakhir ketemu sama sepupunya bojo itu pas saya sedang hamil Keenan, sekitar tahun 2019 sebelum negara api menyerang hehehe!


Dari bercanda ehh kejadian 




Ya awalnya bercanda sama sepupu kalau tahun baru bakal ke kampung sekalian liburan disana deh! Biar kata masih tahun pandemi kan sekeluarga udah divaksin insyahallah aman


Ternyata dadakan beli tiket bus nya rencana mau bareng Bu mertua tapi beliau udah duluan berangkat ke kampung Yo Wis lah kami nanti aja nunggu Bu mertua balik kesini!


Akhirnya dapat kabar Bu mertua udah otw balik dari kampung Sabtu sore berarti sampai rumah bisa Minggu pagi yaudah Minggu pagi saya langsung cari tiket bus via redbus


Baca juga beli tiket bus di redbus


Minggu sore saya berangkat ke agen bersama bojo dan anak-anak, happy banget mereka karna pertama kali Keenan dan saya naik bus AKAP tujuan Boyolali


Kata bojo bakalan sampai esok dini hari dikampung, engga lupa juga saya siapkan segala kebutuhan cemilan buat anak-anak..


Berarti memakan waktu sekitar 10-13 jam diperjalanan darat, walaupun udah ada toll tetap aja lama sampai karena bus harus ambil penumpang dibeberapa agen yang tersebar di daerah Jakarta sebelum masuk toll Cikampek


Nyaman juga tinggal di desa 


Rumah neneknya bojo


Di desa bojo itu hampir sama dengan Ibukota, seluruh minimarket tersebar dimana-mana, cuma kisaran 3 sampai 4kg sih jaraknya. Lumayan jauh karena jalanan masih ada sawah dan pemandangan disini itu gunung Merbabu dan gunung Merapi kelihatan jelas dari rumah neneknya bojo.


Dipagi hari suasana beneran adem, sejuk jauh dari polusi udara. Segar banget pas bangun ditemani suara jangkrik, katak, dan binatang lainnya


Nenek bojo 


Masih bersih banget dan kesannya kaya masih murni alami alam hihihi saya disini dibilang norak sama tetangga neneknya bojo, karena sumringah lihat sawah ijo semua..


Jarang ada di Pamulang kan pemandangan sawah plus gunung hihihi makanya saya nikmatin aja moment langka ini!


Pasar Karanggede 


Hampir sama isi nya dengan pasar yang ada di Pamulang , cuma bedanya disini yang jualan pakai bahasa Jawa untung saya bawa penerjemah sepupunya bojo hehe karena saya asli ga paham bahasa Jawa kromo..


Lanjut ada banyak juga yang jualan es teh poci disini harga juga sama, cuma aneh kok mie ayam disini ada yg jual harganya 3ribu semangkok lho! Saya engga beli cuma lihat aja sih engga tau deh rasanya gimana!


Rumah neneknya bojo masih gubuk kayu belum permanent tembok




Iyap agak miris melihat rumah neneknya yang masih menurut saya belum layak atau memang engga layak buat tempat tinggal seorang nenek rentan yang sudah tua, hidup sendirian meskipun sebelah dan belakangnya rumah anak-anak nya berada!


Kamar mandi engga ada,dapur aja masih masak pakai kayu bakar, kalau nasi udah pakai Magicom, mandi sama buang air besar aja diluar, ada katanya gubug buat cuci sama mandi kaya sumur gitu tapi ya kali udah nenek nenek disuruh nimba air..


Kasian lihatnya saya padahal anak dan cucu hidup dengan kecukupan engga tahu deh saya harus bilang apa lagi, cuma di mata saya ga pantas aja lah udah tua rentan kok ya begitu deh pada tutup mata keluarga besarnya


Meskipun memang makan dan uang anak anak serta cucu mungkin kasih tapi soal tempat tinggal menurut saya engga bangetlah!


Lanjut aja ke soal pemandangan alam sekitar 




Masih sunyi sama kebisingan kendaraan itu engga terlalu ramai, yang berisik itu suara hewan disana beda blas lah sama disini, tapi buat saya ga berisik kok malah enak aja dengarnya dekat sama alam!


Sayuran aja disini murah meriah, apalagi ikan kalau ayam potong sama sih harganya disini 30rb untuk 1kg ayam..




Sebenarnya saya udah 2x ke kampung bojo pertama pas hamil Keenan nekat naik motor pulang pas sehari sebelum lebaran di tahun 2019 itu sebelum negara api menyerang hahaha! 


Lalu keduanya kemarin pas akhir tahun 2021 naik bus dan pulang juga naik bus rencana mau bawa motor cuma karena keenan masih batita takut masuk angin yaudah deh pilih bus..


Padahal lebih nyaman naik motor bisa lihat pemandangan bebas kalau di bus aduh sumpek ga bisa merasakan udara langsung hehehe!




Dan modal juga gedean pakai bus ketimbang motor.. cuma kalau soal capek bagi saya malah capek di bus duduk terus berdiri pas mau ke toilet aja, kalau motor sampai di kampung memang lama, tapi bokong panas harus bawa bantal ketimbang bus kan cepat sampai ya paling cuma selisih 3 jam sampai 5 jam aja sih!


Gimana menurut kalian .. enakan tinggal di kampung apa di Ibukota?


Kalau buat saya sama aja sih tergantung kita nyamannya dimana.. 


Lebih nyaman jauh dari keluarga atau dekat dengan keluarga.. pilihan masing-masing orang sih..


Next pulang kampung lebarang 2022 semoga ada waktu dan dikasih rezeki sehat selalu panjang umur dan modal cukup untuk bisa sampai dikampung bojo nenggok neneknya..


See you Guys..