Aktivitas ringan yang bisa dilakukan selama dirumah aja

 


Hai hai hai kita bertemu lagi dalam blog mama sifora hehehe, Selama pandemi ini memang rutinitasku kebanyakan diam dirumah aja, Ya paling sesekali keluar untuk beli kebutuhan dapur. Dan juga keperluan keluarga kecilku.


Kalau kalian bagaimana selama pandemi apa saja aktivitas yang kalian sibukkan mulai dari pagi hari sampai matahari terbenam. Uhh, buat para emak yang anaknya masih sekolah pasti udah sibuk ya didepan laptop atau smartphone. Bimbing si kecil belajar meski kita sendiri sibuk dengan urusan dapur.

Nah, tentunya selama pandemi ini belum berakhir kita harus tetap menjaga kesehatan badan sekeluarga, bukan cuma dari segi pola makan yang sehat, namun juga rutin berolahraga membuat badan kita tetap bugar dan sehat.

Karena bugar saja tak cukup bila nyatanya tidak sehat, begitupun sebaliknya sehat saja pun tak cukup bila tak bugar. Contohnya kaya aku nih Ibu anak 3 usia masih muda yaa dibawah 30 tahun. Dengan tetanggaku yang anak 2 usia juga sama. Tapi untuk kekuatan fisik seperti angkat berat kaya angkat galon, angkat bak isi jemuran pakaian. Itu kita tidak sama kuatnya. Aku malah justru harus dibantu sama suami untuk mengangkat bak yang berisi pakaian bersih untuk dijemur.



Pada kesempatan sabtu lalu aku senang banget bisa bergabung seminar online bareng komunitas sepeda melalui meeting zoom. Kebetulan memang semenjak pandemi warga Indonesia itu sudah disibukkan atau viral lah dengan adanya aktivitas bersepeda mengelilingi perumahan atau jalanan sekitar ya kurang lebih 1 km sampai 5 km lah ya. Tergantung orangnya yang mengendarai sepeda.

Narasumber yang ada saat seminar online ada Bapak Riskiyana, Promkes,Kemenkes, Bapak Poetoet Soerdajanto lalu di mc kan oleh mentor terkenal hamblenya dikalangan blogger hehehe ada kakak Yosh Aditya.

Serasa kaya lagi didalam ruangan terus duduk disamping teman-teman komunitas lainnya. Duh, jadi kangen ya masa masa disaat belum adanya pandemi ini. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dan segera berakhir pandemi ini. Aamiin Allahumma Aamiin!

Nah, saat sesi seminar online aku sambil ngasuh si baby keenan nih yang super kemaki alias lincah ga bisa diam hehehe! Dalam pembahasan soal menjaga kesehatan agar tetap bugar. Kita tuh para peserta dikasih tahu gimana sih tips-tips yang baik untuk berolahraga salah satunya dengan media menggunakan Sepeda.



Ternyata bukan cuma harus ada sepedanya tetapi kita harus mematuhi protokol kesehatan yang ada ditiap daerah tempat kita tinggal. Lalu, Bapak Poetoet juga menerangkan bahwasannya bersepeda didalam komplek perumahan juga bisa tetap gunakan masker, pakai pakaian yang cerah, minimal berlengan panjang juga celana panjang tidak lupa juga helm dan kacamata.

Siapkan botol minum lalu jika rombongan maksimal 5 orang dengan jarak kurang lebih 25 meter. Tapi bisa di kondisikan dengan jalanan yang akan kita lewati.

Di seminar online kemarin juga beliau mengatakan jika bersepeda janganlah buat kerumunan misalkan berhenti dipinggir jalan, sambil ngopi cantik yaa kann itu tidak diperbolehkan. Karena bisa saja mengundang kerumunan orang. Lalu minimal bersepeda dengan keluarga sendiri saja.

Karena jika ada salah satu anggota sepeda yang menunjukkan gejala gejala covid19 bisa ditinjau penularannya ia bertemu dengan siapa saja.

Next kita lanjut lagi benar banget ternyata pas aku ikut seminar online bareng komunitas sepeda. Ku kira selama ini kalau mau sepedaan ya udah tinggal gowes terus jalan deh!

Faktanya kalau mau cari aman itu bukan sekedar gowes kita harus perhatikan tekanan angin dalam ban sepeda dari ban depan, hingga ban belakang. Setelah itu lihat juga rem bagaimana fungsi rem di sepeda kita. Apakah berfungsi dengan baik dari rem depan dan rem belakang.

Setelah dirasa aman jangan lupa lihat stang pada sepeda apakah ada yang bengkok atau pedal ada yang kurang sejajar. Nah, ini sepeda pun sama perhatiannya dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Kaya sepeda anakku sepeda lipat saat dipakai masa stang nya lari ke kanan. Hahahah! Untung anakku ga jatuh hmm walaupun dia sampai saat ini minta sepeda baru.

Aku juga jadi tahu setelah mengikuti seminar online kemarin itu sebelum jalan ada baiknya tentukan zona yang ingin dilalui, lalu kalau bisa sih yang tidak ramai. Agar tetap aman dan nyaman juga terhindar dari begal. Kan banyak tuh berita viral dari kemarin orang lagi asyik bersepeda malah ditodong diambil hapenya.

Olahraga yang bisa dilakukan dirumah


Untuk masalah olahraga dirumah aja juga bisa seperti jalan ditempat, lari atau jogging ya namanya. Push up dan angkat angkat beban bisa pakai bak isi air hehehe biar ga ngeluarin duit lagi kan bisa memanfaatkan barang yang sudah ada dirumah.

Jadi harus rajin bergerak jangan malas nanti tahu nya pas cek timbangan malah nambah wowwww serem kan itu!

Kalian bisa buat yang punya anak angkat anaknya hehe bukan angkat bapaknya ya hihihi! Buat yang pemula bisa olahraga ringan seperti melalukan gaya pemanasan dulu ya minimal sehari luangkan waktu 30 menit untuk berolahraga.

Tidak ada komentar