Cara Mengurus Pembuatan Akta Kematian daerah Tangerang Selatan

 Assalamualaikum Wr WB



Mungkin buat kalian yang masih rada susah dan bingung untuk membuat akta kematian anggota keluarga yang terdapat dalam satu kartu keluarga atau bisa jadi keluarga orang lain bahkan tetangga. Bisa nih dibagi pengetahuan nya agar tak lagi repot apalagi tahunya mengeluarkan biaya besar.


Pembuatan Akta Kematian Apakah bayar atau Gratis?


Ternyata, masih banyak warga yang belum tahu kalau proses pembuatan akta kematian itu sesungguhnya gratis. Karna ini menyangkut data administrasi negara ya Guys! 


Saya punya pengalaman pribadi dalam hal ini, dimana pada bulan Oktober 2020 saya kehilangan anak kedua yang dimana saat itu ia meninggal dirumah. Alhamdulilah nya sih sempat dibawa ke bidan untuk cek apakah masih bernyawa atau tidak. Karena almarhumah ini meninggal dalam keadaan sedang tertidur.


Proses pemakaman yang terbilang singkat dan lancar sudah Allah berikan kepada kami keluarga yang ditinggalkannya.. selanjutnya selang 1 Minggu kepergiannya saya coba urus akta kematian.


Yang dimana tahapnya itu lapor ke RT setempat dan juga RW untuk minta surat pengantar, maaf foto nya tidak ada karna ga sempat motret.



Setelah berkas sudah lengkap seperti : 

Kartu keluarga asli

Fotocopy kartu keluarga

Akta kelahiran almarhumah

Fotocopy e-KTP kedua orangtua

Fotocopy e-KTP saksi sebanyak 2 orang

1 lembaran form ini akan dikasih oleh pihak kelurahan.

Surat keterangan kematian dari bidan, tenaga medis atau rumah sakit. 


Karena semua berkas sudah lengkap langsung menuju kelurahan benda baru Pamulang, ketemu sama bapak pendi. Dibantu sama beliau, saat itu prosesnya singkat! 


Hari pertama ke kelurahan langsung didaftarkan untuk pembuatan akta Kematian dan juga kartu keluarga baru. Yang nama almarhumah sudah dihapus ya dari kartu keluarga.


Proses itu membuat saya menangis dan merasa seakan-akan seperti mimpi tapi ini nyata saya berusaha tegar dan tabah. Ini semua sudah Allah gariskan. 


Disdukcapil Tangerang Selatan adanya sistem online dan offline juga Drive thru by Ojol


Sempat tanya sama pak Pendi ini kalau sudah saya antar berkasnya by Ojol ke disduk atau menunggu bapa aja pak?


Lalu jawab pak pendih saat itu tidak perlu pakai Ojol ,biar saya aja yang jalan kesana.. ibu tunggu dirumah aja. Paling 1 bulan selesai karna kan kalau dari kelurahan itu biasa kolektif ya menunggu yang lain gitu biar sekalian jalan.


Okey deh saya ikuti arahan petugas kelurahan aja, karna beliau sudah baik ya dan membantu meringankan saya dalam proses pembuatan akta kematian.


Gunanya akta Kematian apa sih?


Ini baru tahu saya gunanya itu banyak buat urus surat surat atau balik nama kendaraan, rumah, dll.. untuk saat ini akta Kematian almarhumah anak saya ini lembaran kertas A4 putih kaya kertas biasa, pas sudah selesai sempat heran kok begini beneran bukan? Ehh tanya petugas kelurahan iya semenjak pandemi berubah warna kertasnya jadi begitu. Tinggal di laminating aja. Dan juga untuk bisa menonaktifkan kartu peserta JKN -KIS.


Tidak ada komentar