soft skill apa yang dibutuhkan di era digital saat ini

webinar bersama Faber Castell


 Ternyata anak-anak merupakan korban dari pandemi, saya baru tahu setelah merasakan sendiri sih faktanya semenjak belajar sekolah itu dirumah dan selalu dirumah saja. Tanpa ada pertemuan langsung dengan guru di kelas kok makin kesini anak saya malah malas untuk belajar apalagi kalau pagi sudah waktunya mulai belajar daring. Mulai deh si kakak ngamuk kadang males ga mau belajar alasannya selalu ga mood bahkan bosan. 

Rupanya itu semua dampak dari pandemi ini lho ibu-ibu, apalagi anak kedua saya yang masih berusia 23 bulan dan kalau lihat si kakak sedang melihat smartphone langsung nih si adik minta juga hape untuk lihat video.

Pas banget sabtu lalu saya sedang ikut webinar bareng Faber Castell dan disana ada narasumber seorang psikolog dari yayasan Heart of People.id 


webinar yang bertemakan Soft Skill Apa yang dibutuhkan di Era Digital

para peserta webinar


saya rasa semenjak zaman digital ini tentu pasti banyak orangtua yang selalu memberikan gawai pada anak-anaknya baik buat belajar ngezoom bahkan bisa untuk sekedar bermain game saja, sekedar hiburan semata supaya anak kalau lagi rewel langsung diam ketika diberikan gawai. Padahal rupanya akan ada dampak buruk bagi si anak bila kita sebagai orangtua selalu saja memberikan gawai dengan tidak ada pemberlakuan waktu sampai berapa jam anak menggunakan smartphonenya.

jangan sampai kita sebagai orangtua justru membuat anak jadi kecanduan smartphone dan mulai tidak tertarik kepada dunia luar dan susah untuk bersosialisasi kepada lingkungan setempat. Hampir sama dengan anak kedua saya yang masih berusia 23 bulan. Sejatinya menurut saya anak dibawah usia 2 tahun belum saatnya diberikan gadget apalagi televisi, saya sendiri merasakan dampak negatif pada anak kedua saya ini. 

awalnya salah saya setiap ia rewel langsung saya berikan gadget supaya dia diam dan menonton seperti video musik anak-anak atau video kartun kesukaan dia, namun makin kesini kok saya perhatikan malah jadi fokus ke handphone daripada ke kami setiap diajak ngobrol atau bermain dirumah.

salah saya juga kenapa main kasih gadget ke anak dengan solusi supaya dia diam dan tidak menangis malah sekarang anak saya jadi males ngomong sama orang sekitar, buntut panjang dari pemberian gadget ke anak bikin dia malas berbicara, ucap nya baru bisa mama dan mbak, memanggil kakaknya dengan sebutan mbak!

masalah gangguan fisik, terlambat bicara, masalah atensi, dan konsentrasi ini yang bisa diakibatkan dari pemberian gadget terlalu dini. Pantes kak Yohana Theresia M.Psi. beliau memberikan informasi kalau anak dibawah 2 tahun itu belum ada rekomendasi berapa jam ia memegang smartphone. Selama ini saya salah dalam pengasuhan.

Creative Art Series 2

dalam webinar kemarin itu kak Yohana memberikan solusi nih bagi anak-anak dirumah yang mulai bosan dengan tugas sekolah itu itu aja dan bikin mood jadi menurun, orangtua diharuskan untuk cerdas dalam memilih setiap permainan untuk anak, lebih cocok lagi berdasarkan usia anak. Salah satu bentuk mainan yang ia sarankan sih seperti mainan bentuk explorasi berbasis seni kaya yang ada pada produk Faber Castell, Creative Art Series 2 

salah satu produk art series 2 dari Faber Castell


Faber Castell, sangat memperhatikan kebutuhan anak khususnya sih pada mereka yang masih duduk dibangku Paud dan Sekolah Dasar. didalamnya terdapat mewarnai, menggambar, membuat prakarya atau craft ada unsur perkembangan motorik kasar dan halusnya, anak jadi betah dan menggunakan imajinasi nya untuk menciptakan sebuah karya. 


Workshop membuat Glow In The Dark (sebuah jam dinding)

Sesi pembuatan jam dinding nih buibu seru banget soalnya ngerjain sendiri tanpa bantuan siapapun hihihi! si kakak malah main keluar sama temannya ya udah deh akhinya mama nya yang buat lumayan menegangkan sih pas step by step dikerjain, rasanya kaya gimana gitu. dipacu sama waktu sedangkan pas lihat di monitor si kakak pembuatnya cepat banget saya aja masih ngurusin warna untuk dicampur terus di cat rasanya asyik benar bikin pikiran tuh jadi fokus kembali dan ga ada beban sama sekali, memang efek dari kita membuat prakarya justru baik untuk kesehatan mental kita.

rasanya ingin sekali mengulang terus dan mengkoleksi semua art series dari Faber Castell. Patut ibu ibu punya untuk dirumah buat kasih tugas kerjaan anak-anak dirumah, supaya engga sibuk sama gadget terus, dan puasa untuk si adik yang kecanduan sama gadget, jadi malas berbicara. Untung belum terlalu parah sih, sekarang dia mulai mau belajar berbicara. Kalau sampai dia malas mau ga mau saya bawa ke fisioterapi untuk terapi wicara.

Dampak negatif pada smartphone 
- malas makan
- mata merah 
- begadang 
- mulai suka marah tanpa sebab
- kecanduaan sampai lupa waktu
- ganggu konsentrasi dalam belajar
- kesehatan fisik jadi tak baik
- bisa gila ( ada dalam berita)
- menjauhi yang dekat

Dampak positif 
- memudahkan urusan pekerjaan
- mudah mencari lokasi tempat makan atau minuman terdekat
- bisa ngezoom untuk belajar
- dapat menghubungi saudara yang jauh di luar kota
- memberikan ilmu tanpa batas 
- menjalin silahturahmi antara saudara jauh
- mendapatkan informasi segera
- mendekati yang jauh
salah satu produk art series 2 Faber Castell



Jadi sebaiknya saat kita menggunakan smartphone ada baiknya seperlunya aja, apabila ada pekerjaan utamakan bisa diberikan waktu berapa jam kita dalam sehari memegang smartphone, terlebih yang menggunakan anak untuk sekolah bagi saya ada batasnya saya selalu memberikan jadwal pada si kakak untuk memakai gadgetnya hanya 1 jam saja untuk di pagi hari, setelah selesai tugas sekolah dikerjakan baru si kakak saya suruh istirahat. Bahkan ia saya kasih izin untuk bermain diluar bersama teman-temannya selama masih menjaga protokol kesehatn. Ditengah pandemi ini anak anak butuh wakjtu untuk bisa bermain diluar. Supaya pikiran mereka tetap ftresh dan ga mudah stress. 

Oh ya sampai lupa sama pertanyaan kakak untuk bisa dapatkan produk Creative Art Series Faber Castell ternyata tersedia secara eksklusif di official store Faber Castell yang ada di Tokopedia dan Shopee. Cuss cari ya Guys, biar bissa langsung kasih ke anak-anak buat bikin dirumah lumayan bisa isi waktu kosong anak selesai belajar dari sekolahan kan buibu..

Tidak ada komentar