Perubahan iklim berdampak langsung dilingkungan rumahku ini solusinya

 Menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan pembakaran sampah!


Kredit : pixabay

Selamat menunaikan ibadah puasa ya kawan kawanku yang sedang menjalankan! Nah, meskipun dalam keadaan berpuasa dan juga berbarengan dengan kondisi dunia masih pandemi langkah kita sebagai manusia tetap selalu menjalankan protokol kesehatan 


Langkah apa yang kalian lakukan untuk keluarga dirumah? Kalau aku mau berbagi cerita nih mengenai dampak iklim atas perbuatan kita sendiri contohnya mungkin bisa seperti melakukan pembakaran sampah serta membuang sampah sembarangan yang pada akhirnya munculah masalah baru disekitar lingkungan..


Menurut Pembaca apa sih dampak dari iklim di Indonesia?


Kredit : pixabay

Engga perlu jauh jauh dulu kita bahas ke mancanegara, sekitar lingkungan kita saja bagaimana apakah sudah tertib dan menjaga lingkungan atau malah ada tetangga yang kurang baik yang bikin kita jadi engga suka karna satu sikap dari tetangga tersebut


Nah ngomongin masalah dampak iklim ini aku banyak banget sih cerewet sama anak-anak dan suami kalau mereka sedang dirumah! 


Kaya kemarin si kakak Alisa menghidupkan kipas angin, aku kira tuh dia ada di kamarnya sambil baca buku atau bermain sama adiknya, ehh setelah ku masuk kedalam kamar lah kok ini anak engga ada.. tapi kipasnya hidup 


Ternyata Kak Alisa ini malah keluar rumah diam-diam dan lagi asyik main sama temannya, langsung dong jelaslah aku marah! Kenapa? Karena Kak Alisa ini sudah engga ada rasa tanggung jawabnya dia yang hidupkan kipas malah oranglain yang mematikannya, dari sini aku didik dia supaya setiap barang elektronik yang ia pakai bila sudah tak digunakan sebaiknya diletakkan kembali atau dimatikan lagi agar selain bisa menghemat listrik, juga bisa membantu daya listrik tak terbuang cuma-cuma



Sayang bangetkan kipas angin berputar terus menerus tapi engga ada orangnya, selain bikin cepat rusak itu barang sudah pasti boros deh listrik..


Nah dari hal kecil ini aku ajarkan sama anggota keluarga dirumah untuk tolonglah jaga barang barang eletronik yang ada dirumah, jangan jadi manusia perusak yang cuma bisa rusakin saja tanpa ada rasa saling menjaga satu sama lain! 


Aku punya prinsip dari hal kecil bila sudah dibiasakan untuk tertib, disiplin dan amanah kan bukan tidak mungkin hal besar pun akan demikian! 


Prinsip inilah yang aku tanamkan dalam rumah tanggaku, lalu mengenai dampak iklim kita kan juga tahu Indonesia saat ini engga bisa ditebak deh yaa masalah iklim setiap tahunnya! 


Pixabay 

Perubahan iklim berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat. Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir. - sumber :ditjenppi.menlhk.go.id


Nah bukan cuma itu saja bahkan kualitas air dan kuantitas pun akan berdampak seperti misalkan saat musim kering ya atau kemarau dirumah kalian pernah engga ngalamin kekeringan engga ada air sama sekali yang keluar dari kran pipa air! 


Justru pernah tetangga aku mengalami kekeringan hanya dirumah dia saja yang kering sampai minta air sama aku moment pas beberapa bulan engga hujan sama sekali entah tahun berapa aku lupa yang jelas sebelum pandemi!


Mulai yuk dari hal kecil berikut tips untuk pembaca supaya turut serta menjaga bumi dari rumah maupun lingkungan sekitar dampaknya baik buat kesehatan bumi kita


Berhemat menggunakan air bersih

Jangan membakar sampah lebih baik buang sampah di wadah yang sudah disediakan

Hidupkan AC bila dipakai saja

Cabut semua colokan televisi atau radio dan barang elektronik lainnya bila sudah tak digunakan

Kurangi sampah plastik 

Selalu sediakan totebag saat pergi berbelanja

Jangan gunakan galon sekali pakai

Lebih baik isi ulang air galon untuk mengurangi limbah plastik

Lebih cerdas dalam membeli kebutuhan bukan keinginan

Contohnya tiap tahun stop ganti Hp bila masih layak pakai

Jaga bumi dengan mulai berkebun agar tetap ada penghijauan 

Jadi bumi ga terlalu panas atau gersang kasian kan bumi kita kepanasan


Ada lagi sih banyak banget yang bisa kita ubah agar bumi tetap sehat contohnya ajarkan pada anak untuk tetap hemat menggunakan buku tulis karena yang aku tahu nih ya buibu, buku tulis itu terbuat dari serat kayu pohon yang sudah diolah jadi digunakan sebaik-baiknya ya anak-anak! Supaya pohon pohon yang ada dibumi kita ini engga kekurangan atau bahkan punah karena ulah kita juga! 


Pixabay

Polusi udara pun tentu turut serta dalam dampak iklim di bumi, seperti asap asap yang ada dari sisa pembakaran gas buang pada kendaraan baik roda dua maupun roda empatl dan lain sebagainya.. asap limbah dari pabrik pun bisa jadi mempengaruhi perubahan iklim yang ada di Bumi kita ini! 


Kalian bagaimana apakah sudah melakukan wujud nyata demi #UntukmuBumiku #TeamUpForImpact 


Kalau aku sih menggunakan bahan bakar terbaik untuk kendaraan roda dua dirumah, memilih moda transportasi umum selain mengurangi kemacetan pun hitung hitung bisa kurangi polusi udara gitu!


Karena kalau bukan dari diri sendiri untuk menjaga dan melindungi bumi lalu siapa lagi, karena sebuah kebaikan pada lingkungan harus kita serukan kepada sesama tetangga seperti tulisanku diatas tadi mari kita sama sama bahu membahu menjaga bumi tercinta agar perubahan iklim yang saat ini terjadi tidak membahayakan semua makhluk hidup 


Kita tahu saat ini cuaca suka bikin kaget, kadang hujan nanti panas, setelah itu mendung gelap lalu angin kencang! Bikin takut semua orang


QS Al-A'raf:85, "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya, yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman."


Nah, mulai sekarang yuk kita jaga bumi dengan mengurangi dampak perubahan iklim kalian bisa berbuat seperti tulisanku diatas ya! Atau kalian ada tips yang berbeda boleh lho bagikan di kolom komentar ya..

Tidak ada komentar