layanan semakin mudah BPJS Kesehatan

 Pelayanan kesehatan bagi peserta JKN KIS kini semakin mudah dengan adanya layanan online 



Dadakan pagi pagi telpon mba sadewi bilang kalau aku bisa datang di ngobrol santai BPJS Kesehatan sama teman teman blogger 2022 edisi sekian lama diem dirumah selama pandemi nih!


Akhirnya beranikan diri lah jalan pagi menyusuri kemacetan di Senin pagi yang cerah plus matahari mulai terik! tujuan ke Cerita Cafe daerah Jatinegara


berhubung biasa naik KRL yaudah deh ku putuskan untuk menggunakan moda transportasi kereta api listrik selain murah dan fleksibel tinggal transit! 


bermodal emoney didalam dompet langsung aja deh tap pintu masuk, beruntung pas berada didalam stasiun sudimara datanglah kereta sesuai tujuan..


karena acara ngobrolnya mulai jam 10 pagi dan aku ribet banget sama bocil keenan terpaksa ku titip dirumah mama, walaupun ada sedikit drama nangis ga mau ditinggal yaudah deh imingin keenan nonton youtube hehehe


Tiba di ST Jatinegara pukul 08:30 


ga berasa kepagian sampainya yaudah santai aja dulu yang tadinya mau naik ojol mending naik Tj aja deh pas depan Stasiun ada halte Tj naik deh transit di halte kp melayu lanjut naik Tj tujuan K. rambutan turun deh halte gelanggang remaja tinggal jalan sebentar sampai deh di Cerita Cafe Jatinegara 


Pelayanan Administrasi bagi peserta JKN KIS kini bisa melalui Online



Sebenarnya info ini udah lama ada ya bahkan aku juga sebagai peserta JKN KIS merasakan kemudahan dalam urus administrasi melalui online, aku lupa sih awalnya kapan tapi semenjak kini apa apa serba digital ya mau ga mau kita mengikuti perkembangan zaman


Nah, masalah soal administrasi BPJS Kesehatan selama pandemi ini memang ada plus dan minusnya, kalau buat aku sih dibagian pelayanan seperti dokter gigi itu ada batasan pelayanannya, lalu seperti penambahan anggota keluarga atau pengurangan anggota keluarga karena wafat juga aku pun merasakannya sendiri


waktu itu tahun 2020 meninggalnya anak kedua kami, sempat binggung karena tagihan iuran terus berjalan sedangkan beliau udah meninggal, disaat itu kasus Covid 19 lagi tinggi-tingginya, ga mungkin juga datang ke kantor cabang untuk pengajuan nonaktifkan kartu JKN KIS milih almarhumah! 


beruntung saat itu ada sosial media milik BPJS Kesehatan disana aku tanya langsung melalui IG nya bagaimana cara mengurus nonaktifkan kartu JKN KIS anak yang udah tiada! 


Call Center BPJS Kesehatan 165 

cepat sekali pihak admin IG nya membalas dan memberikan nomor whatsapp PANDAWA khusus domisili kami tinggal! ada CHIKA juga


ga sangka ternyata semudah itu pelayanan administrasi untuk pengurangan anggota keluarga cukup siapkan data data nik ektp, nomor kartu JKN KIS nya, lalu foto Kartu Keluarga beserta foto close up kepala keluarga atau pelapor ya! dan surat kematian ga sampai sehari kok pengajuan nonaktif kepesertaan JKN KIS anak kami sudah selesai 


langsung deh cek ya udah berstatus Nonaktif karena meninggal dunia, CS PANDAWA nya pun ramah dan jelas dalam menerangkan apa aja yang diperlukan


Kemudahan Layanan Kesehatan 



pas ngobrol santai kemarin juga rupanya sekarang ada kemajuan baru nih yang suka lupa naruh kartu JKN KIS atau hilang ga perlu lagi bingung harus kemana untuk bisa dapatkan kartu JKN KIS atau ngeprint lagi, cukup kasih aja itu NIK yang ada di Ektp langsung deh terdata bahwasannya NIK tersebut sebagai peserta JKN KIS 


atau bisa nih pakai JKN Mobile ya coba deh download ada di playstore buat tipe hape andorid dan di Appstore buat tipe hape IOS



penggunaannya pun sangat mudah ketika buka aplikasinya langsung aja masukan data data yang diminta kalau belum daftar tapi udah jadi peserta JKN KIS bisa , buat yang belum sama sekali punya atau jadi peserta JKN KIS bisa juga daftar di JKN Mobile!


buat yang binggung gimana jadi peserta JKN KIS soalnya ga punya tabungan atau nomor rekening Bank, bisa datang aja langsung ke Dinas sosial minta dibuatkan peserta JKN KIS nya ini sih khusus yang orang ga mampu lho! 


orang yang ga mampu status kepesertaannya jadi PBI atau Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah, jadi tagihan iurannya dibayarkan langsung sama pemerintah ya Buibu! 


Mari kita Ngulik isi JKN Mobile 



di JKN Mobile ada banyak sekali kategori pelayanan kesehatan untuk peserta, yakni kamu bisa nambah anggota keluarga , ganti faskes atau kelas , lalu cek status pembayaran dan kepesertaan JKN KIS, dapat mencari ketersedian kamar inap , bahkan bisa daftar untuk pasien rawat jalan di faskes tingkat 1 



jadi engga perlu lagi subuh subuh ke puskesmas atau klinik untuk ambil nomor antrian pendaftaran berobat! karena semuanya ada di JKN Mobile


auto debit pun kini bisa dilakukan di JKN Mobile ada fiturnya! dan paling berkesan sama aplikasi kesehatan ini terdapat pusat pengaduan layanan jika kita diminta iur bayaran diluar JKN KIS, masalah pelayanan pun bisa diadukan di aplikasi ini


kalau masalah surat rujukan pun tersedia versi onlinenya andai kata surat rujukannya yang print hilang kita bisa tunjukkan melalui aplikasi JKN Mobile yang ada di smartphone kamu lho! keren kan..


Tidak ada komentar