Langsung ke konten utama

Peran orang tua dalam mengedukasi anak remajanya mengenai kesehatan seksual dan reproduksi bagi OYPMK dan anak remaja disabilitas

 Begitu banyak rahasia di dunia ini mengenai kesehatan apalagi menjadi tabu untuk diperbincangkan di haklayak maupun di sekitar lingkungan kita berada



Sebagai orang tua yang pernah diberikan amanah menjaga serta merawat anak berkebutuhan khusus namun waktu kami hanya diizinkan oleh yang Maha Kuasa selama 5 tahun kehidupannya


Ya kami diberikan anak spesial ditengah kehidupan kami saat itu belum seenak sekarang, sempat aku sebagai ibu dan seorang istri merasakan dan memikirkan bagaimana nanti ketika Nisa sudah dewasa, apakah aku bisa menjaga dan selalu berada disampingnya sedangkan memenuhi kebutuhannya sendiri saja harus dibantu dengan keluarga terutama aku sebagai ibunya


Karena Nisa anak perempuan bagaimana nanti ketika ia tumbuh dewasa lalu mendapatkan dirinya mengalami mentruasi sedangkan tubuhnya saja hanya bisa berbaring diatas kasur


Hal hal seperti itu yang selalu saya pikirkan namun ternyata Allah berkehendak lain tepat tahun 2020 ia pergi meninggalkan kami



Peran Orang tua bagi anak remaja disabilitas dalam memberikan pemahaman mengenai kesehatan seksual dan reproduksi bagi OYPMK caranya bagaimana ?


Beruntung sekali kemarin pagi aku ikutan nonton live YouTube di channel nya Berita KBR


tema yang diusung sangat tepat sekali dan memberikan pesan yang sangat bermanfaat serta dibutuhkan oleh orang tua yang memiliki putra dan putri nya yang disabilitas


Dalam perbincangannya terdapat narasumber yang kompeten di bidangnya ada Nona Ruhel Yabloy, Project Officer HKSR ,NLR Indonesia lalu ada Westiani Agustin dari Founder Biyung Indonesia, dan Wilhelmina Ice , remaja Champion Program HKSR. 


Karena kita tahu pendidikan kesehatan seksual ini sepertinya masih tabu untuk dibahas ya dan merasa canggung gitu jika di bicarakan di ruang publik atau dari sisi seorang Ibu ke putra dan putrinya seperti anak lelaki yang mengalami mimpi basah 

Pembalut sekali pakai


Kadang juga suka malu malu nih mengenai perihal seperti anak gadis yang mulai menstruasi bahkan bagaimana cara kasih tahu pemahaman pengetahuan cara membersihkan organ reproduksi bagi anak perempuan contohnya simple seperti kapan harus ganti pembalut dan bagaimana cara membersihkan pembalut sekali pakai ini


Beruntungnya aku ketika di usia 10 tahun dan mulai menstruasi memang saat itu masih di sekolah dasar dan awalnya memang malu untuk kasih tahu mama tapi karena saudara aku semuanya perempuan dan lihat langsung mereka ketika menstruasi harus bagaimana jadinya aku waktu itu berani untuk speak up sama mama


Dan mama saat itu kasih tahu ini lho cara pakai pembalut dan begini cara tuk membersihkan, dan jangan buang bekas pembalut disembarang tempat. Dan harus rajin ganti pembalut jika di rasa tidak nyaman atau mulai berasa penuh! 


Nah beda nih sama anak sekarang yang mulai memasuki usia remaja pasti anak mulai tertutup bahkan mau cerita saja juga takut-takut, padahal di usia remaja ini peranan orang tua wajib banget merangkul anak remaja supaya mereka ini kalau ada apa-apa ya cerita sama keluarga, bukan malah cari informasi diluar dan takutnya malah salah info dan bikin anak jadi terlena deh duh jauh-jauh ya dari sikap seperti itu



Remaja mengalami masa pertumbuhan dari usia anak menuju dewasa dan biasa sih kita tahu masa masa pubertas ya pernahlah mengalami dikala itu, Jika remaja memiliki ragam disabiltas maupun OYPMK ( orang yang pernah mengalami kusta ) Pubertas dapat lebih menantang,pasti keluarga juga bingung nih apalagi guru ya gimana cara mengedukasi anak remaja disabilitas ini kalau salah ucap takutnya salah pengartian bagi anak remaja itu sendiri


Solusinya ya harus di edukasi dari usia sejak dini rupanya supaya mereka mengerti dan memahami ini lho pubertas, oh mentruasi tuh ya harus begini lho, sama halnya kasih tahu anak sejak usia 4 tahun oh ya nak tubuhmu hanya boleh kamu yang sentuh, kalau ada orang lain yang menyentuh tidak boleh ya, dan daerah mana saja yang tidak boleh oranglain sentuh dan lihat kecuali kamu sendiri, .nah hal seperti ini pun wajib anak anak ajarkan 


Supaya ketika usia mereka semakin bertambah dewasa bisa menjaganya dan merawatnya, karena bagi anak remaja disabiltas sangat susah ya untuk mungkin penyampaiannya bagaimana nih, karena setiap anak punya keunikannya sendiri engga semua sama!

Jadi mulai detik ini kita sebagai orang tua wajib selalu mengedukasi pentingnya kesehatan seksual dan juga reproduksi bagi anak anak remaja kita, dekatkan selalu anak pada orang tua, tanya selalu apa saja yang dilakukan di sekolah, aktivitas apa saja yang diberikan di sekolah dan berteman dengan siapa saja anak anak selama diluar jangkauan rumah, selalu ada ketika anak remaja membutuhkan waktu mungkin untuk berkeluh kesah, menceritakan kejadian selama disekolah atau sekedar curhat sebentar itu kan tak jadi masalah bagi kita sebagai orang tua jangan sampai anak remaja kita kehilangan kehangatan didalam rumah 

Dan mencari tahu informasi dari luar itu sangat berbahaya dan bisa mengancam atau menantang bagi mereka, semoga aku dan suami bisa terus mengedukasi anak remaja kami agar menjadi pribadi yang baik dan terbuka pada kami, menjadikan kami tempat Ia untuk bercerita apa saja sebagai seorang sahabat

Foto kredit : Pixabay 

Lalu bagaimana menurut kalian hai para Pembaca setiaku, coba sharing dikolom komentar ya! 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasabah Manulife Indonesia Semakin Dimanjakan dengan wajah baru MiAccount

  Semakin tahun usia manusia bertambah maka pola pikiran pun sejatinya ikut berubah, yang tadinya cuma mikirin buat hidup sendiri justru setelah memiliki keluarga maka seluruh anggota keluarga pun jadi perlu kita urus, perlu diawasi dan diperhatikan Sama dengan halnya kesehatan, bagi aku yang memiliki anak-anak di usia sekolah, tentu menjadikan kesehatan itu penting paling utama dalam kehidupan! Dan pastinya Allah SWT prioritas kita sebagai hamba nya pada sang Pencipta. Beruntung sekali diajak meet up digital bersama teman-teman blogger, membahas saling mengenali wajah baru dari MiAccount Manulife Indonesia. Manulife Indonesia memiliki wajah baru pada MiAccount untuk nasabahnya dan perluasan jangkauan kemitraannya dengan Halodoc. Buat nasabah Manulife Indonesia kini kalian nggak perlu susah payah atau lelah dan kepanasan pergi ke kantor cabang untuk mengurus klaim asuransi atau pelayanan kesehatan ya Manulife Indonesia menghadirkan pembaharuan platform digital MiAccount, yaitu portal u

ke kebun teh 2 jam dari Pamulang

 Rencana ini dadakan biasa keluarga kami memang kalau mau bermain ke wisata alam atau tempat rekreasi selalu senangnya dadakan, tanpa direncanakan  Malah kalau saya suka rencana sekian budget untuk kami liburan suka gagal dan tak jadi pergi, dari situ sampai bosan rencanain namun pada akhirnya gagal pergi Dua jam perjalanan bermodalkan maps buat lihat peta rute yang akan kami tempuh dengan kendaraan roda dua berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi lalu sampai di kebun teh puncak jam 12 siang karena kami kebanyakan berhenti untuk isi bensin lalu beli minuman dan sempat nyasar karena saya salah baca Petunjuk di maps Kebun Teh Puncak Bogor daerah Gunung Mas Untuk tiket masuk dikenakan 5ribu rupiah lalu kendaraan roda dua dikenakan 3ribu atau 5ribu saya lupa hehehe pokoknya total semua 2 dewasa dan 2 anak ditambah motor 1 semuanya jadi 48ribu dan karcis masuk bisa ditukarkan dengan 1 bungkus teh cuma sayangnya saya ga tukar karena malas untuk pergi ke tea cafe nya hehehe Didalam lumayan si

Roti Q-ta Semua halal ada di Ciledug Kunciran

Huy buibu gimana hari harinya ditahun kedua setelah pandemi nih, masih begini aja sih kalau saya. Aktivitas dirumah aja bersama anak-anak!  Meskipun anak-anak masih bisa bermain dan belajar tapi tetap patuhi prokes sih kami, biar tetap sehat karena kesehatan itu mahal sekarang harganya hihihi Oh ya ngomongin soal toko roti aku mau share nih sama buibu pengikut blogku, kemarin aku sempat dong mampir ke toko bakery namanya Khasanah Sari  Toko khasanah sari rupanya sudah berdiri sejak 15 tahun yang lalu berawal buka hanya ada satu cabang pusatnya di daerah Bekasi Sekarang malah banyak cabang nya ada 60 toko khasanah sari yang tersebar di seluruh Jabodetabek! Harga yang ditawarkan pun terbilang relatif murah ya, mulai dari 4500 untuk roti berbagai rasanya. Ada kue tart size 16 atau 18 sekitar 50000 aja sampai 100000 juga lumayan murah  Rasanya juga enak , untuk rotinya itu empuk buibu ada best seller sih yang roti pizza tuh tapi k